Main Ke Umbul Ponggok, Tempatnya Selfi Didalam Air

20170501_120109

Umbul Ponggok Klaten memang unik nan berbeda. Tempat ini bisa kalian kunjungi di kala liburan. Terutama buat kalian yang mungkin kecewa karena Situ Cilembang di Hariang ternyata tidak bisa digunakan untuk berenang, atau merasa Labuan Cermin yang ada di Kalimantan terlalu jauh untuk kalian kunjungi.

Tentu saja, tempat wisata di Klaten yang satu ini tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan. Untuk yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini dulu sebenarnya adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam.

Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening
Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening via https://www.instagram.com/p/BAYqTGrF1ui/

Namun karena kian hari makin populer, sekarang ini wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang keren dan nyaman. Sehingga akhirnya sekarang menjadi lumayan terkenal di Klaten dan sekitarnya.

Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang biasa. Karena disini kalian akan merasakan sensasi berenang bareng ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok. Kalau berenang di tempat wisata Klaten yang satu ini, kalian akan bisa merasakan sensasi menyelam bareng ikan air tawar.

Nyok selfie kan.. ikan~~
Nyok selfie kan.. ikan~~ via https://www.instagram.com/p/BAWSSmpQuBg/

Nggak cuma itu saja, biasanya Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving. Untuk yang nggak berminat dengan kegiatan diving, kalian bisa menikmatinya hanya dengan snorkeling atau berenang lucu disini.

Snorkelling di tempat ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Terlebih lagi, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini. Konon kolam renang alami ini keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda.

Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive
Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive. via https://www.instagram.com/p/62Gm0_oF8h/

Belakangan, keberadaan Umbul Ponggok Klaten ini nggak cuma dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Karena keunikannya, kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5 – 2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air.

Memang, jika dilihat dari kedalamannya, kolam renang ini memang cocok untuk kegiatan ini. Baik mulai dari fotografi yang professional, atau hanya pengunjung yang ingin sekedar selfie dibawah air bersama ikan-ikan lucu. Kalian tentu ingin mencoba sensasi berfoto bawah air bareng ikan-ikan lucu kan?

(Baca Juga : Labuan Cermin, Danau Cermin Di Tengah Belantara Berau)

Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!?
Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!? via https://www.instagram.com/p/BAQ5s1BIKjy/

Ditambah lagi kolam renang yang satu ini bagian dasarnya bukan berupa keramik seperti kolam renang pada umumnya. Namun, dasar Umbul Ponggok Klaten ini masih sangat alami berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri. Airnya pun selalu segar, karena air sealu mengalir terus dari sumber mata airnya.

Lokasi, Harga Tiket, Dan Daftar Harga Sewa Snorkeling Set Di Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika kalian datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

Untuk masuk ke tempat wisata klaten yang satu ini, kalian hanya perlu membyar tiket sebesar IDR 5.000 per orang. Sebaiknya kalian membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin snorkeling di Umbul Ponggok. Namun jika kalian tidak membawa, kalian bisa menyewanya disini. Tarif penyewaan alat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten adalah sebagai berikut : Snorkel IDR 12.000, Kaki katak IDR 7.000, Pelampung IDR 7.000, IDR Rp 5.000 untuk sewa ban.

Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~
Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~ via https://www.instagram.com/p/BAta_VqFGC7/

Daftar Harga Tiket Masuk, Biaya Dan Sewa Perlengkapan Di Umbul Ponggok

  • Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok: IDR 5000
  • Sewa Masker Atau Snorkel Set: IDR 12000
  • Sewa Pelampung: IDR 7000
  • Harga Sewa Kaki Katak: IDR 7000
  • Harga Kamera Underwater Setengah Jam: IDR 60.000
  • Harga Kamera Underwater Satu Jam: IDR 100.000
  • Sewa ban untuk berenang IDR 5000
  • Harga foto grup underwater untuk 7 orang IDR 100.000 per jam
  • Tarif parkir motor IDR 2000
  • Tarif parkir mobil IDR 4000
  • Tarif ruang bilas IDR 1000

(Baca Juga : Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!)

Rute Dan Cara Menuju Umbul Ponggok Klaten Dari Beberapa Kota Di Dekatnya

Ada banyak cara untuk menuju salah satu tempat wisata air di Klaten dari beberapa kota di sekitarnya. Jika ingin tahu, sebaiknya kalian membacanya dengan seksama ya.

1. Dari Kota Solo Dan Sekitarnya

Kalian yang datang dari arah kota seperti Solo, Wonogiri, Magetan, Sukoharjo, Karanganyar, Atau ngawi, kalian bisa melalui jalan utama yaitu jalan raya Solo-Yogyakarta. Petunjuk paling gampang adalah, ketika sudah melewati Delanggau berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten yang ada di di kiri jalan. Terminal ini terletak pada persimpangan lampu lalu lintas jalan menuju ke ke Desa Ponggok.

Dari lampu lalu lintas ini, ambilah arah ke kanan dan lurus terus ikuti jalan sampai bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

2. Dari Arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, Dan Kebumen

Buat kalian yang dari dari arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, dan Kebumen. Rutenya adalah melalui jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja lewat tengah kota hinga menuju GOR Gelarsena Klaten.

Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng!
Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng! via https://www.instagram.com/p/_auEvyR32v/

Setelah sampai di GOR Gelarsena Klaten. Silakan ambil kiri ke arah Jatinom atau Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Lurus saja, ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

3. Dari Arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang

Buat Kalian yang dari arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang langsung saja menuju klaten melalui jatinom. Setelah sampai pasar jatinom ambil arah menuju ke Terminal Penggung. Sesaat sebelum kalian sampai terminal, kalian akan melihat Markas Koramil di kanan jalan di dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

Jika kalian masih bingung dengan petunjuk diatas, kalian bisa memanfaatkan panduang GPS. Untuk lokasi Umbul Ponggok Klaten di google maps, bisa kalian lihat disini.

Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini
Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini

sumber : https://liburmulu.com/umbul-ponggok-klaten-unik-nan-berbeda/
video : https://www.youtube.com/watch?v=4Ad5xlo2slA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s